0
Recent
Home Ads
Advertisement
Categories
Tags
Facebook
banner image
Popular Posts
Recent Posts
banner image

Pages

Random Posts
randomposts
Recent Posts
recentposts
Recent Posts
recentposts
About Me
banner image

Popular Posts

Home  ›  Kesehatan  ›  Pengobatan

Apa itu Thibbun Nabawi?

"Thibbun Nabawi merujuk pada tindakan dan perkataan (hadis) Nabi Islam Muhammad mengenai penyakit, pengobatan, dan kebersihan, maupun genre tulisan oleh para sarjana non-medis untuk mengumpulkan dan menjelaskan tradisi-tradisi tersebut."


Thibbun Nabawi - Saya yakin teman-teman pasti pernah mendengar Thibbun Nabawi. Apa sih Thibbun Nabawi itu? Thibbun Nabawi merujuk pada tindakan dan perkataan (hadis) Nabi Islam Muhammad mengenai penyakit, pengobatan, dan kebersihan, maupun genre tulisan oleh para sarjana non-medis untuk mengumpulkan dan menjelaskan tradisi-tradisi tersebut. Istilah Thibbun Nabawi ini dimunculkan oleh para dokter muslim sekitar abad ke-13 M untuk menunjukkan ilmu-ilmu kedokteran yang berada dalam bingkai keimanan pada Allah, sehingga terjaga dari kesyirikan, takhayul dan khurafat.

Terdapat beberapa pengertian mengenai thibbun nabawi yang telah didefinisikan oleh ulama di antaranya:
  1. Thibbun nabawi adalah segala sesuatu yang disebutkan oleh Al-Quran dan As-Sunnah yang Shahih yang berkaitan dengan kedokteran baik berupa pencegahan (penyakit) atau pengobatan.
  2. Thibbun nabawi adalah kumpulan apa shahih dari petunjuk Rasulullah Muhammad S.A.W dalam kedokteran yang dia berobat dengannya atau untuk mengobati orang lain.
  3. Definisi thibbun nabawi adalah (metode) pengobatan Rasulullah S.A.W yang dia ucapkan, dia tetapkan (akui), dia amalkan, merupakan pengobatan yang pasti (bukan sangkaan), bisa mengobati penyakit jasad, ruh dan indera.
Bagaimana? Sudah mulai paham bukan apa itu Thibbun Nabawi. Thibbun Nabawi merupakan peninggalan Rasulullah untuk para umatnya di seluruh dunia. Tetapi entah mengapa hal ini malah banyak ditinggalkan oleh mereka yang mengaku muslim. Dan malah mereka (baca: orang Barat) banyak yang mengamalkannya.

Demikian sedikit pengetian apa itu Thibbun Nabawi. Dan insyaAllah ke depannya di dalam blog ini akan banyak memberikan informasi-informasi yang menarik lainnya.

Salam Thibbun Nabawi
Post a Comment
Newer Posts
Latest Posts
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS